Senin, 22 September 2008

SEJARAH INTERNET

Internet, mungkin kata itu sudah tidak asing lagi bagi seluruh orang di dunia ini. Bagaimana tidak? Internet diibaratkan sebagai jendela informasi bagi banyak orang. Semua orang menggunakan internet untuk mencari informasi dari berbagai belahan dunia. Tapi, tahukah kalian sejarah internet itu?
Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan 'inter-network') ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian. Manakala Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
Rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching). Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal saat ini.
Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu :
a. "MILNET" untuk keperluan militer
b. "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas.
Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Itulah sejarah singkat tentang internet yang dapat kita pergunakan untuk menambah wawasan dan juga untuk mengetahui informasi yang kita inginkan.

Tidak ada komentar: